Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak untuk mencapai kompetensi tertentu. Metode pembelajaran dirancang dalam kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk TK, di antaranya adalah sebagai berikut.
Gambar Anak berdiskusi Sumber : Gambar TK Alam Pelopor
1. Bercerita
Bercerita
adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus
diberikan secara menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan
tanggapan. Pendidik dapat menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.
2. Demonstrasi
Demonstrasi
digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan
sesuatu.
3. Bercakap-cakap
Bercakap-cakap
dapat dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara pendidik dan peserta didik atau
antara anak..
4. Pemberian tugas
Pemberian
tugas dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak
baik secara individumaupun secara berkelompok.
5. Sosio-drama/bermain peran
Sosio-drama
atau bermain peran dilakukan untuk mengembangkan daya khayal/imajinasi,
kemampuan berekspresi, dan kreativitas anak yang diinspirasi dari tokoh-tokoh
atau benda-benda yang ada dalam cerita.
6. Karyawisata
Karyawisata
adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek di lingkungan kehidupan anak
yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas.
7. Proyek
Proyek
merupakan suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh
pendidik kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan
menggunakan objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari.
8. Eksperimen
Eksperimen merupakan pemberian pengalaman nyata kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan mengamati hasilnya.
Gambar Anak sedang memakai baju (Photo TK ABC Bogor)
Dukungan pada Pembelajaran
Untuk
membantu pencapaian pembelajaran yang optimal, diperlukan dukungan di
antaranya:
(a)
Media
dan sumber belajar yang sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan;
(b)
Pendidik
dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang relevan;
(c)
Keterlibatan
orang tua; dan
(d) Keterlibatan instansi terkait (misalnya: puskesmas, pemadam kebakaran, kepolisian, dll) dalam kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
Sistem informasi Manajemen
Media
yang dibutuhkan untuk mensosialisasikan informasi manajemen pada TK, contoh:
(a) Papan pengumuman
(b) Brosur
(c) Buku panduan TK
(d) Media cetak dan elektronik
(e) Pengelolaan data peserta didik,
Misalnya: dalam bentuk grafik
(f) Pengelolaan data guru, misalnya: dalam
bentuk tabel
(g) Data registrasi peserta didik
Rujukan Pembelajaran
1)
Peraturan
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014,
tentang Standar PAUD.
2)
Peraturan
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014,
tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
0 Response to "Metode Pembelajaran dan Sistem informasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD TK"
Post a Comment