Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pendewasaan manusia menjadi manusia seutuhnya, yakni manusia yang memiliki kesempurnaan pada seluruh dimensi kehidupan manusia. Guna mewujudkan tujuan itu, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki peran strategis dalam konteks pembangunan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME.
Sebagaimana amanat Undang-Undang, pendidikan agama di sekolah menjadi salah satu upaya pendewasaan manusia pada dimensi spiritualreligius. Buku ini hadir sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perwujudan tujuan tersebut. Maksud ketersediaan buku ini adalah untuk pedoman dan inspirasi bagi guru dalam pembelajaran dan sebagai pedoman untuk mendampingi peserta didik mempelajari buku siswa. Hal ini dikarenakan guru memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik . Tentu saja guru dapat memperkaya dengan berbagai ragam kreativitas dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari kearifan lokal sesuai dengan karakteristik peserta didik jenjang SMP.
Oleh
karena itu sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Dengan demikian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan
buku ini sangat kami harapkan. Semoga kita dapat memberikan sumbangsih bagi
kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti (PAI dan Budi Pekerti) “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang
hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai
Pancasila.” Enam dimensi pelajar Pancasila:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
2.
Mandiri
3.
Bernalar
kritis
4.
Kreatif
5.
Bergotong-royong
6.
Berkebinekaan
global.
Profil Pelajar Pancasila merupakan cita-cita, tujuan besar pendidikan, dan komitmen penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Profil lulusan merupakan representasi karakter serta kompetensi yang diharapkan terbangun utuh dalam diri setiap pelajar Indonesia.
Semester
Ganjil
Bab I
Al-Qur’an dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup
Bab II Meneladan
Nama dan Sifat Allah Untuk Kebaikan
Bab III
Menghadirkan Salat dan Zikir Dalam Kehidupan
Bab IV
Mengagungkan Allah SWT. Dengan tunduk pada perintah-nya
Bab V
Damaskus: Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 m)
Semester
genap
Bab VI
Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT.
Bab VII
Mawas Diri dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan
Bab VIII
Menghindari Gibah dan Melaksanakan Tabayun
Bab IX
Rukhsah: Kemudahan Dari Allah SWT Dalam Beribadah Kepada-Nya
Bab X
Andalusia: Kota Peradaban Islam di Barat (756-1031 M)
0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti"
Post a Comment