Sebelum
kalian menggunakan buku ini, kalian perlu membaca bagian petunjuk ini untuk
mempermudah kalian dalam memahami isi dari buku ini. Selamat belajar!
PEMBATAS ANTAR BAB, bagian ini berisi juduldari bab dan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dimaksud untuk membantu siswa mengetahui tujuan pembelajaran dari bab yang dimaksud. APERSEPSI, berisi cerita inspiratif yang dapat digunakan untuk merangsang keingintahuan peserta didik.
PETA KONSEP, digunakan untuk memudahkan dalam membaca sub-sub bab apa saja yang akan di bahas dalam materi ini. UJI KOMPETENSI, digunakan sebagai bentuk penilaian terhadap capaian kompetensi yang telah dituju baik ranah sikap spiritual, sosial, ranah keterampilan, maupun pengetahuan. GLOSARIUM, memuat penjelasan khusus mengenai kata, istilah atau frasa yang ada di dalam teks. Tujuannya untuk membantu siswa memahami kata atau istilah tersebut.
SISWA AKTIF, merupakan aktivitas pembelajaran berupa diskusi kelompok, tugas mandiri atau yang lain. Tujuannya supaya siswa semakin memahami, menghayati, dan menguasai materi yang dibahas dalam setiap bab. RINGKASAN MATERI, berisikan poin-poin penting dari bab yang disampaikan. Tujuannya agar siswa mudah mengingat poin penting dari suatu bab tersebut. REFLEKSI, berisi penilaian individu terkait materi yang sudah disampaikan di bab tersebut. TAUTAN PENGAYAAN, merupakan pengembangan materi dari bab yang dibahas. Biasanya berupa link video atau artikel yang disertakan dalam bentuk QR Code. DAFTAR PUSTAKA, merupakan daftar referensi yang digunakan dalam menulis buku ini. Baik berupa buku, jurnal, peraturan, undang-undang, atau situs online
Bab I
Sejarah Kelahiran Pancasila
A. Latar
Sejarah Kelahiran Pancasila
B.
Kelahiran Pancasila
C.
Perumusan Pancasila
D.
Penetapan Pancasila
BAB II
Norma dan UUD NRI Tahun 1945
A. Norma
Masyarakat
B. Hak
dan Kewajiban pada Norma
C. UUD
NRI Tahun 1945 sebagai Dasar Hukum Tertulis Negara
D.
Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945
E.
Amendemen UUD NRI Tahun 1945
Bab
III Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah
A.
Wilayah Negara Indonesia
B.
Indonesia sebagai Negara Kesatuan
C.
Persatuan dan Kesatuan Indonesia
D.
Karakteristik Daerah dalam NKRI
E.
Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan
Bab IV
Kebinekaan Indonesia
A.
Keragaman Gender
B.
Keragaman Suku
C.
Keragaman Budaya
D.
Keragaman Agama
E.
Keragaman Ras dan Antargolongan
F.
Menjaga Nilai Penting Kebinekaan
Bab V
Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal
A.
Mengenal Lingkungan Sekitar
B.
Menghargai Budaya Lokal
C.
Menghargai Makanan Tradisional
D.
Menghargai Produk dan Jasa Lokal
E.
Apresiasi Lingkungan dan Budaya Lokal
Bab VI
Bekerja Sama dan Bergotong Royong
A. Kerja
Sama dan Budaya Gotong Royong
B. Nilai
Penting Kerja Sama dan Gotong Royong
C.
Landasan Karakter Kerja Sama dan Gotong Royong
D.
Revolusi Mental
E. Penerapan Kerja Sama dan Gotong Royong
0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP PPKn"
Post a Comment