Pembelajaran IPS kelas VII ini diharapkan dapat membekali peserta didik untuk memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial terdekatnya. Peserta didik juga diharapkan mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas di lingkungan terdekat. Bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya antara lain melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Pada lingkup lebih luas diharapkan berkonstribusi terhadap pembentukan manusia Indonesia yang cinta tanah air berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
Pemikiran dan capaian pembelajaran di atas menjadi landasan dalam pengembangan buku siswa ini. Pembahasan dalam buku dikelompokkan menjadi empat tema utama yang merepresentasikan capaian pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum. Buku ini berupaya menyajikan fenomena atau gejala sosial yang ditinjau secara terpadu dari berbagai sudut pandang seperti kajian keruangan geografis, analisis sosiologis, tinjauan ekonomi, dan kronologis waktu sejarah.
Penyajian isi buku masih terbatas pada penguasaan konsep dan prosedur sederhana dari materi substansi yang diajarkan. Gambaran faktual dan jabaran metakognitif materi diharapkan dapat dieksplorasi lebih lanjut oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di kelas masing-masing. Standar kompetensi lulusan pada tiga aspek capaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan disajikan dalam buku ini secara eksplisit maupun implisit pada penguatan konsep atau penugasan yang diberikan dalam setiap tema.
Tema
01. Keluarga Awal Kehidupan
A.
Keberadaan Diri dan Keluarga
B.
Mengenal Lokasi Tempat Tinggal
1. Lokasi
2.
Kondisi Wilayah Indonesia
3.
Pemahaman Lokasi Melalui Peta
C.
Sosialisasi dalam Masyarakat
1.
Sejarah Lisan
2.
Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral
3.
Sosialisasi
4. Nilai
dan Norma
5.
Interaksi Antarwilayah
D.
Aktivitas Memenuhi Kebutuhan
1.
Kebutuhan Hidup Manusia
Tema
02.Keberagaman Lingkungan Sekitar
A.
Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar
1.
Berkenalan dengan Alam
2.
Berkenalan dengan Masyarakat
B.
Pembiasaan Diri untuk Melestarikan Lingkungan
1.
Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Udara
2.
Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Air
3.
Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Tanah
4.
Aktivitas Manusia Zaman Praaksara
5.
Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia
6.
Diaspora Bangsa Indonesia
C.
Pembangunan Berkelanjutan dan Kelangkaan
1.
Pembangunan Berkelanjutan
2.
Karakteristik Pembangunan Berkelanjutan
3. Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan
4.
Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas
5. Faktor
yang Menyebabkan Kelangkaan
6. Dampak
Ekonomi atas Kelangkaan Sumber Daya
7.
Langkah Pencegahan Kelangkaan Sumber Daya
8.
Masalah Pokok Ekonomi
Tema
03. Potensi Ekonomi Lingkungan
A. Perubahan
Potensi Sumber Daya Alam
1.
Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia
2.
Penyebab Perubahan Potensi Sumber Daya Alam
B.
Aktivitas Kegiatan Ekonomi
1.
Aktivitas Kehidupan Masyarakat Masa Lalu
2.
Kegiatan Ekonomi
3. Pelaku
Ekonomi
C.
Peranan Masyarakat dalam Rantai Ekonomi
1.
Permintaan dan Penawaran
2.
Status, Peran Sosial, Diferensiasi dan Stratifikasi Sosial
Tema
04. Pemberdayaan Masyarakat
A.
Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat
1.
Pengaruh Faktor Geografis yang Memengaruhi Keragaman Budaya
2. Jenis
Keragaman Budaya
B.
Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya
1.
Sejarah Lokal
2.
Permasalahan Sosial Budaya
C.
Pemberdayaan Masyarakat
1. Uang
2.
Pendapatan
3.
Tabungan
4.
Investasi
5.
Literasi Keuangan
6.
Pengelolaan Keuangan Keluarga
D.
Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat
0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP IPS"
Post a Comment