Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti pada semua jenjang dan kelas disajikan dalam bentuk pemahaman konsep mengenai Allah Pencipta, Pemelihara, Penyelamat dan Pembaharu, Manusia dan Nilai-nilai Kristiani, Gereja dan Masyarakat Majemuk, Alam dan Lingkungan Hidup. Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk pemahaman konsep dan implementasi dalam kehidupan. Hal ini sudah sesuai dengan hakikat belajar Pendidikan Agama Kristen, yaitu tujuan akhirnya supaya terjadi perubahan hidup yang sesuai dengan ajaran Iman Kristen. Dalam pembelajaran ini ada berbagai bentuk aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran serta mengembangkan kreativitas dan inovasi pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Buku Siswa ini berisi pemahaman konsep dan aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Melalui proses pembelajaran ini diharapkan siswa memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang dapat mengembangkan kualitas berpikir yang diwujudkannya dalam tindakan hidup sehari-hari. Diharapkan melalui nilai-nilai iman yang dipelajari siswa mampu hidup sebagai anakanak Indonesia yang beriman. Sebagaimana tertulis dalam Kitab Yakobus 2:17 “ Demikian juga halnya dengan iman. Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati”. Pada bagian-bagian tertentu ada aktivitas “bereleksi”, dan berbagai aktivitas lainnya. Siswa dapat melakukan pendalaman terhadap ajaran iman dan menghubungkannya dengan pengalaman-pengalaman hidup. Pada proses inilah siswa dapat mengalami sebuah perjumpaan dengan Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus yang diimaninya.
Pembelajaran pendidikan Agama Kristen bukanlah sekadar mengumpulkan pengetahuan tentang Agama Kristen dan ajarannya, namun lebih dalam dari itu, siswa mempelajari ajaran iman dan mengimplementasikan dalam kehidupan. Terutama kehidupan sebagai warga Negara Indonesia dan sebagai warga gereja. Jadi, belajar Pendidikan Agama Kristen menuntun siswa supaya mampu mewujudkan hak dan tanggung jawabnya sebagai Warga Negara dan Warga Gereja serta sebagai anggota keluarga. Pendidikan Agama Kristen membantu siswa membangun solidaritas dan kebersamaan dalam kehidupan pribadi dan sosial terutama menjadi “Garam dan Terang kehidupan”.
A.
Pembelajaran
Bab I: Allah Memelihara Hidup Manusia (Ketika Hidup Tidak Berjalan Menurut
Impian Saya)
B.
Pembelajaran
Bab II: Hidup Manusia Dalam Pemeliharaan Allah
C.
Pembelajaran
Bab III: Meneladani Yesus Dalam Mengampuni Sesama
D.
Pembelajaran
Bab IV: Roh Kudus Memeperbarui Hidup Orang Beriman
E.
Pembelajaran
Bab V: Setia Berdoa, Membaca Alkitab dan Beribadah Sesama
F.
Pembelajaran
Bab VI: Alkitab Penuntun Hidup Ku
G.
Pembelajaran
Bab VII: Nilai-nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidupku
H.
Pembelajaran
Bab VIII: Disiplin di Rumah dan di Sekolah
I.
Pembelajaran
Bab IX: Makna Gereja Bagiku
J.
Pembelajaran
Bab X: Hidup Bersama dalam Masyarakat Majemuk
K.
Pembelajaran
Bab XI: Relasi Manusia dengan Alam
L.
Pembelajaran
Bab XII: Tanggung jawab Manusia Memelihara Alam
0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti"
Post a Comment