Petunjuk Umum Pengisian Rekapitulasi
Pelaksanaan DDTK (Deteksi Tumbuh Kembang Anak):
1.
Pengamatan
dilakukan pada akhir bulan ke-4, 8, 12, 18, 24, 36, 48, dan 60 usia anak.
2.
Saat
pengamatan dilakukan anak harus dalam kondisi sehat dan tanpa beban.
3.
Pengamatan
dilakukan sealami mungkin sehingga si anak tidak tahu sedang dideteksi.
4.
Pengamatan
dilakukan per aspek perkembangan, mulai dari gerakan kasar sampai sosialisasi.
5.
Garis
grafik perkembangan dimulai dari titik merah pada usia pengamatan, selanjutnya
dihubungkan dengan titik-titik pada kolom aspek perkembangan sesuai dengan
kemampuan anak saat pengamatan.
6.
Saat
membubuhi titik pada kolom perkembangan yang dicapai, pastikan bahwa kemampuan
itu tidak terjadi secara kebetulan.
7. Untuk anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya DDTK dilakukan oleh orangtuanya dengan dibantu oleh Kader.
Usia 4 Bulan:
1.1 Anak ditengkurapkan, di depannya
diletakkan mainan. Anak mampu mengangkat kepala.
1.2 Anak ditelentangkan. Anak mampu
bermain-main dengan kedua tangannya.
1.3 Anak diterlentangkan, di atasnya
diberi mainan. Anak mampu mengamati mainan.
1.4 Anak diterlentangkan. Anak mampu
mendengar suara kertas diremas & bermain bibir sambil mengeluarkan air liur
1.5 Anak digendong Ibunya. Anak mampu tersenyum pada Ibunya ketika di goda.
Usia 8 Bulan:
2.1 Anak
dalam posisi duduk dengan mainan. Anak mampu duduk sendiri dan mengambil posisi
ongkong-ongkong sambil bertahan sebentar.
2.2 Balok
mainan diletakkan di depan anak. Anak mampu menggenggam balok mainan dengan
seluruh permukaan tangan.
2.3 Mainan
diletakkan di atas meja di depan anak lalu mainan digerakkan/digelindingkan
sampai jatuh. Anak mampu memperhatikan dan mencari mainan yang jatuh.
2.4 Ibu
memperhatikan dan mendengar celoteh anak. Anak mampu mengeluarkan suara: ma..
ma… ma…, da... da…da…, ta... ta… ta…
2.5 Bapak/Ibu duduk di depan anak berhadap-hadapan. Anak mampu bermain Ciluk…Baa…
Usia 12 Bulan:
3.1 Mainan
diletakkan didepan anak.Anak mampu berdiri sendiri dan berjalan berpegangan.
3.2 Benda
kecil disebarkan didepan anak. Anak mampu mengambil benda kecil dengan ujung
ibu jari dan jari telunjuk.
3.3
Mobil-mobilan atau boneka diletakkan didepan anak. Anak mampu menunjuk roda
mobil-mobilan atau mata boneka.
3.4
Ibu/Bapak memperhatikan dan mendengarkan ucapan anak. Anak mampu mengucapkan
satu kata atau lebih dan tahu artinya.
3.5 Anak sedang asyik dengan mainan, ibu meninta mainanya. Anak mampu memberikan mainan pada Ibu/Bapak
Usia 18 Bulan:
5.1 Anak
diminta mendekati ibu dengan cepat. Anak mampu berlari tanpa terjatuh.
5.2 Ibu
memperhatikan ucapan anak. Anak mampu mengucapkan sepuluh kata atau lebih dan
tahu artinya.
5.3 Ibu
bertanya: NAmamu siapa?”. Anak mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
5.4 Ibu
memperhatikan ucapan anak. Anak mampu mengucapkan sepuluh kata atau lebih dan
tahu artinya.
5.5 Ibu bertanya: Namamu siapa?”. Anak mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
Usia 24 Bulan:
5.1
Anak diminta untuk melompati garis. Anak mampu melompat dengan dua kaki
sekaligus.
5.2
Anak diminta membuka botol dengan memutar tutupnya. Anak mampu membuka botol
dengan memutar tutupnya.
5.3
Anak diminta menyebukan bagian-bagian tubuh. Anak mampu menyebutkan 6 bagian
tubuh (mata, hidung, mulut, kepala, tangan, telinga, dst).
5.4
Ibu bertanya dengan pertanyaan sederhana, “Mau apa?” Anak mampu menjawab dengan
dua kata.
5.5 Ibu mengajak anak mencuci. Anak mampu meniru kegiatan orang dewasa.
Usia 36 Bulan:
6.1 Anak
diminta untuk turun tangga. Anak mampu turun tangga dengan kaki bergantian
tanpa berpegangan.
6.2 Anak
diminta untuk mengambar garis dan lingkaran. Anak mampu meniru garis tegak,
garis datar dan lingkaran.
6.3 Anak
diminta untuk menunjukkan warna sayur-sayuran dan buah-buahan. Anak mampu
menyebut tiga warna.
6.4
Ibu/bapak mengajak anak melihat gambar.Anak mampu bertanya dengan memakai kata
apa, siapa, dimana?
6.5 Anak diminta bergabung dengan teman-temannya. Anak mampu bermain bersama dengan teman.
Usia 48 Bulan:
7.1 Anak
diminta untuk melompat dengan satu kaki. Anak mampu melompat dengan satu kaki
ditempat.
7.2 Anak
diberi pensil dan kertas untuk menggambar, kemudian perhatikan cara anak
memegang pensil. Anak mampu memegang pensil dengan ujung jari.
7.3 Anak
diminta untuk menghitung tiga balok mainan didepannya. Anak mampu menghitung
tiga balok mainan dengan cara menunjuk.
7.4 Ibu
bertanya dan mendengarkan ucapan anak saat bermain, Mis: Itu apa? Anak mampu
menggunakan kalimat lengkap (lebih dari 2 kata).
7.5 Anak diajak bergabung dengan teman-temannya dalam satu permainan. Anak mampu bermain bersama teman dalam satu permainan.
Usia 60 Bulan:
8.1 Anak
diminta melompat dengan satu kaki kearah depan. Anak mampu melompat dengan satu
kaki kearah depan.
8.2 Beri
contoh menggambar tanda + Anak mampu meniru tanda +
8.3 Anak
diminta untuk menggambar orang. Anak mampu menggambar orang.
8.4 Ibu
mendengar apa yang diceritaqkan anak pada temannya. Anak mampu bercerita dan
bermakna.
8.5 Ibu
diminta bergabung dengan teman-temannya dalam permainan yang berurutan. Anak
mampu bermain bersama teman dengan mengikuti urutan permainan.
0 Response to "Kartu DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak) Usia 4 Bulan, Usia 8 Bulan, Usia 12 Bulan, Usia 18 Bulan, Usia 24 Bulan, Usia 36 Bulan, Usia 40 Bulan dan Usia 60 Bulan"
Post a Comment