Penyusunan
Kurikulum TK dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1) Kurikulum yang dikembangkan berpusat
pada anak yaitu dengan mempertimbangkan potensi, minat, bakat, perkembangan,
dan kebutuhan semua anak, termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus.
2) Kurikulum dikembangkan secara
kontekstual yaitu dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kondisi
lembaga, dan kebutuhan anak.
3) Substansi kurikulum mencakup semua
dimensi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan mencakup semua
program pengembangan yang direncanakan dan disajikan secara terpadu dan
berkesinambungan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
4) Kurikulum disusun agar semua program
pengembangan menjadi dasar pembentukan kepribadian anak secara utuh dalam pembentukan
sikap spiritual dan sikap sosial anak.
5) Kurikulum disusun dengan memperhatikan
tingkat perkembangan anak karena anak akan belajar dengan baik jika kebutuhan
fisik terpenuhi serta merasa tenteram, aman dan nyaman.
6) Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan
cara anak belajar dari sederhana ke rumit, konkret ke abstrak, dari gerakan ke
verbal, dan dari keakuan ke rasa sosial.
7) Kurikulum disusun dengan
mempertimbangkan keterpaduan lingkup dalam pengembangan anak usia dini holistik
integratif (PAUD-HI) yaitu pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, dan
perlindungan anak.
8) Kurikulum disusun dengan menggunakan
pendekatan belajar melalui bermain yang dirancang agar tercipta suasana yang
menyenangkan, fungsional, dan efektif dalam proses pembelajaran.
9) Kurikulum dikembangkan untuk
memberikan pengalaman belajar pada anak dengan memperhatikan dan memanfaatkan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang secara dinamis.
10) Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya. Kurikulum perlu memuat keragaman potensi kebutuhan, tantangan, dan karakteristik lingkungan daerah setempat untuk menghasilkan anak yang mengenal, mengapresiasi dan mencintai budaya daerah.
0 Response to "Prinsip Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Taman Kanak-Kanak (TK)"
Post a Comment