Bila buku teks PPKn merupakan alat bantu pembelajaran bagi siswa, maka buku ini menjadi semacam panduan manual buat menggunakan buku teks tersebut. Dengan demikian, acuan buku ini adalah buku teks PPKn Kelas VII SMP yang baru dikembangkan. Titik tekannya adalah memberi contoh Langkah kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dalam setiap pertemuan. Pembelajaran yang direkomendasikan dalam buku ini adalah dengan menggunakan tiga pendekatan, yakni mengutamakan keteladanan guru sebagai pendidik, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta pembelajaran kontekstual. Untuk itu, model pembelajarannya memang perlu kontekstual, banyak mengggunakan diskusi dan presentasi, hingga model pembelajaran proyek kewarganegaraan.
Namun situasi di masing-masing lingkungan pendidikan tentu berbeda-beda. Untuk itu guru perlu mengembangkan model pembelajaran sendiri yang dipandang relevan dengan pembelajaran yang difasilitasinya. Guru perlu lebih intensif meluangkan waktu mengembangkan Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP) yang dipandangnya paling efektif untuk keperluan masing-masing.
Meminta siswa untuk membaca dan mempelajari setiap bagian materi lebih dahulu akan membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran PPKn dengan menggunakan buku ini. Begitu juga penggunaan pemetaan pikiran (mind mapping) dalam setiap pertemuan seperti pemetaan pikiran yang dicontohkan dalam setiap bab. Berbagai contoh yang ada di dalam buku ini kiranya akan mempermudah guru menyiapkan dan menjalankan proses pembelajaran PPKn yang difasilitasinya.
Bab I.
Sejarah Kelahiran Pancasila
Bab II.
Norma dan UUD NRI Tahun 1945
Bab III.
Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah
Bab IV.
Kebinekaan Indonesia
Bab V.
Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal
Bab VI.
Bekerja Sama dan Bergotong Royong
0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP PPKn"
Post a Comment