Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik agar memiliki kompetensi yang diharapkan. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kontribusi pada kesejahteraan manusia.
Fokus
utama Mata Pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah
agar peserta didik benar-benar dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai
luhur kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha sesuai dengan kepercayaannya
masing-masing. Guru yang memiliki fungsi dan peran sebagai pendidik yang
melaksanakan tugas sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah dan evaluator.
Harus mampu mengembangkan peserta didik yang memiliki Profil Pemelajar
Pancasila, untuk mencapai yaitu :
1.
Bernalar
kritis untuk mampu memecahkan masalah,
2.
Pelajar
mandiri,
3.
Kreatif,
4.
Sikap
gotongroyong,
5.
Sikap
kebhinnekaan global dan
6. Berakhlak mulia dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial.
Buku Panduan Guru (penyuluh) Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas X memuat materi ajar dan langkah-langkah pembelajaran secara standar yang berintegrasi dengan buku siswa guna mengantarkan guru (penyuluh) agar dapat memproses dan mengembangkan pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami, menerapkan, menganalisis, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Budi Pekerti Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Semoga buku ini dapat menginspirasi guru (penyuluh) dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Bab 1.
Sejarah Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Bab 2.
Menumbuhkan Budi Pekerti Luhur Dalam Diri
Bab 3.
Budi Pekerti Luhur Dalam Kehidupan
Bab 4.
Keagungan Tuhan Yang Maha Esa
Bab 5.
Manembah Tuhan Yang Maha Kuasa
Bab 6.
Mencintai Keberagaman Budaya Spiritual Nusantara
Bab 7.
Mencermati Larangan dan Kewajiban
Bab 8.
Kearifan Lokal dan Teknologi Kekinian
0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti"
Post a Comment