Ilmu Pengetahuan Alam membantu pelajar menumbuhkan keingintahuannya terhadap fenomena alam semesta yang terjadi. Keingintahuan ini dapat memicu pelajar untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja melalui pendekatanpendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemahaman ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan rekayasa sehingga tercipta teknologi yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dunia secara berkelanjutan.
Oleh karena itu, fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPA terpadu bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh pelajar, tapi dari seberapa kompeten pelajar dalam keterampilan inkuiri, yaitu mengamati, mengajukan pertanyaan, mengajukan hipotesis, memilih dan mengelola informasi, merencanakan dan melaksanakan aksi serta melakukan releksi diri terhadap proses belajar yang dialami.
Dengan
mempelajari IPA terpadu, pelajar mengembangkan dirinya sehingga sesuai dengan
Proil Pelajar Pancasila dan dapat:
1.
Mengembangkan
ketertarikan serta rasa ingin tahu sehingga Peserta didik terpicu untuk
mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami bagaimana alam semesta
bekerja dan memberikan dampak timbal-balik bagi kehidupan manusia
2.
Berperan
aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam, mengelola sumber
daya alam dan lingkungan dengan bijak
3.
Mengembangkan
keterampilan proses inkuiri untuk mengidentiikasi, merumuskan hingga
menyelesaikan masalah melalui aksi nyata
4.
Memahami
persyaratan-persyaratan yang diperlukan Peserta didik untuk menjadi anggota
suatu kelompok masyarakat dan bangsa serta mengerti arti menjadi anggota
masyarakat bangsa dan dunia, sehingga dia dapat berkontribusi dalam
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan di
sekitarnya
5. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep di dalam IPA serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Bab 1
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah
Bab 2 Zat
dan Perubahannya
Bab 3
Suhu, Kalor dan Pemuaian
Bab 4
Gerak dan Gaya
Bab 5 Klasiikasi
Makhluk Hidup
Bab 6
Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia
Bab 7 Bumi
dan Tata Surya
0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP IPA"
Post a Comment