Penyusunan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP). Penjabaran setiap materi mengintegrasikan empat hal, yaitu (1) Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, (2) wawasan kebangsaan/keindonesiaan, Profil Pelajar Pancasila, pengembangan budaya literasi, dan pembelajaran abad ke-21.
Materi
dalam buku ini dikembangkan untuk membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pengembangan materi buku ini mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1.
Potensi
intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan potensi vokasional siswa;
2.
Tingkat
perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa;
3.
Kebermanfaatan
dan relevansi bagi siswa;
4.
Struktur
keilmuan;
5.
Aktualitas,
kedalaman dan keluasan materi pada setiap aspek (Al-Qur’an, akidah, akhlak,
fikih, dan sejarah peradaban Islam); dan
6. Alokasi waktu.
Semester
1
Bab 1
Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja
1. Q.S.
al-Maidah/5: 48 tentang Kompetisi dalam Kebaikan
2. Q.S.
at-Taubah/9 : 105 tentang Etos Kerja
Bab 2
Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dan dengan Syu’abul (Cabang) Iman
1.
Definsi Iman
2.
Definisi Syu’abul Iman
3. Dalil
Naqli tentang Syu’abul Iman
4. Macam-
Macam Syu’abul Iman
5.
Tanda-tanda Orang yang Beriman
6.
Problematika Praktik Keimanan di Sekitar Kita
7. Hikmah
dan Manfaat Syu’abul Iman
Bab 3
Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah,
Takabbur, dan Hasad
Bab 4
Asuransi, Bank, Koperasi Syariah untuk Perekonomian Umat dan Bisnis yang
Maslahah
Bab 5
Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
1.
Masuknya Agama Islam di Indonesia
2.
Perkembangan Kesultanan di Indonesia
3. Tokoh
Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
4.
Keteladanan Para Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
Semester
2
Bab 6
Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan
Martabat Manusia
1. Q.S.
al-Isra’/17: 32 tentang Larangan untuk Mendekati Perbuatan Zina
2. Q.S.
an-Nur/24: 2 tentang Larangan Untuk Melakukan Pergaulan Bebas
Bab 7
Hakikat Mencintai Allah Swt., Khauf, Raja’, dan Tawakkal Kepada-Nya
1.
Hakikat Mencintai Allah Swt.
2.
Hakikat Takut Kepada Allah Swt. (khauf)
3.
Hakikat Berharap kepada Allah Swt. (raja’)
4.
Hakikat Tawakkal Kepada Allah Swt.
Bab 8
Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman
dan Berkah
a).
Menghindarkan Diri dari Sifat Temperamental (Ghadhab
b).
Membiasakan Perilaku Kontrol Diri
c).
Membiasakan Perilaku Berani Membela Kebenaran
Bab 9
Menerapkan al-Kulliyatu al-Khamsah dalam Kehidupan Sehari-hari
1.
Pengertian al-Kulliyatul al-Khamsah
2. Urutan
al-Kulliyatu al-Khamsah
3.
Macam-Macam al-Kulliyatu al-Khamsah
K.
Pengayaan
Bab 10
Peran Tokoh Ulama dalam Penyebaran Islam di Indonesia (Metode Dakwah Islam oleh
Wali Songo di Tanah Jawa)
1. Dakwah
Islam Periode Pra Wali Songo
2.
Sejarah Dakwah Islam Masa Wali Songo
3. Metode
Dakwah Wali Songo
4. Wali
Songo dan Pembentukan Masyarakat Islam di Nusantara
5. Hikmah
dan Pesan Damai dari Dakwah Wali Songo di Tanah Jawa
0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti"
Post a Comment