Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.
Bidang-bidang pengetahuan infomatika dibagi menjadi: Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD),Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Bidang pengetahuan inilah yang akan dipelajari bersama di buku siswa ini. Isi materi setiap bab terdiri atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa. Aktivitas ini ada yang individu dan berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer) dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna. Materi dan aktivitas yang disampaikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas VII dan dikemas dalam bentuk yang menarik.
Bab 1
Informatika dan Keterampilan Generik
A.
Informatika untuk Pelajar SMP
1. Apa
dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?
2. Apa
yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
3.
Informatika dan Proil Pelajar Pancasila
B.
Pengantar Keterampilan Generik
1.
Bekerja dalam Kelompok
2.
Mengomunikasikan Hasil Kerja
Bab 2
Berpikir Komputasional
Apa Itu
Berpikir Komputasional?
A.
Algoritma
B. Optimasi
Penjadwalan
C.
Struktur Data
D.
Representasi Data
Bab 3
Teknologi Informasi dan Komunikasi
A.
Pengenalan Antarmuka Pengguna
B. Folder
dan File
1.
Ekstensi File
2.
Pengelolaan Folder
3.
Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows
C.
Peramban dan Search Engine
D. Surel
E.
Aplikasi Perkantoran
1.
Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata
2.
Pengolah Kata Mekanis
3.
Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik
4.
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Bab 4
Sistem Komputer
Pengantar
Sistem Komputer
A.
Perangkat Keras - Hardware
1.
Perangkat Masukan (Input Devices)
2.
Pemroses
3. Alat
Output (Output Devices)
4.
Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
5.
Peranti Lainnya
6.
Spesiikasi Perangkat Keras
B.
Perangkat Lunak - Software
1. Sistem
Operasi (Operating System)
2.
Program Aplikasi
C.
Interaksi Antarperangkat
Closed-Circuit
Television (CCTV)
D.
Permasalahan dan Spesiikasi Perangkat Keras
E.
Bilangan Biner
1. Mesin
Fax dan Modem
2.
Menghitung lebih dari 31
3. Lebih
Lanjut tentang Bilangan Biner
Bab 5
Jaringan Komputer dan Internet
A.
Pengantar Jaringan Komputer dan Internet
World
Wide Web (WWW )
B.
Koneksi Internet
1.
Wireless LAN (Wi-Fi)
2.
Tethering
C.
Proteksi Data dan File
1. Cara
Kerja Enkripsi
2.
Caesar’s Cipher
Bab 6
Analisis Data
A.
Mengenal Data
1. Apa
itu Data?
2. Satuan
Ukuran Data
3. Apa
itu Analisis Data?
4. Apa
itu Interpretasi Data?
5.
Mengapa Perlu Analisis Data?
6.
Kegiatan Apa yang akan Kalian Lakukan Terkait Analisis Data?
B.
Perkakas Pengolah Lembar Kerja
1.
Mengenal Perkakas
2.
Worksheets
3. Freeze
Panes
4. Cell
References
5. Format
Cells
C.
Pengolahan Data Dasar
1. Fungsi
Dasar
2. Fungsi
Statistik Dasar
3. Logical
Function
D
Pengolahan Data Lanjutan
1. Sort
2. Filter
3. Data
Validation
4. Share
and Protect
E. Kasus
Analisis Data Unplugged
Bab 7
Algoritma dan Pemrograman
A.Pemrograman
1.
Mengapa Perlu Belajar Programming?
2.
Bagaimana Belajar Programming?
3.
Scratch
4.
Membuat Akun
5.
Mengenal “Universe” Scratch
B.
Eksplorasi Fungsi Dasar
C. Robot
Manual
Bab 8
Dampak Sosial Informatika
A.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.
Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat
2. Dampak
Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
B.
Kolaborasi di Dunia Maya
C. Media
Sosial
D.
Informasi Pribadi dan Hukum Privasi
1. Hukum
Privasi
2.
Persetujuan yang Diinformasikan
Bab 9
Praktika Lintas Bidang Informatika
A.
Pengembangan Artefak Komputasional
1.
Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat
2.
Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey
B.
Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi
0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Informatika"
Post a Comment