Pendidikan
tari memiliki peran yang sangat penting untuk tujuan pendidikan. Namun, fenomena
yang terjadi dalam pembelajaran tari saat ini masih memiliki beberapa tantangan
antara lain:
1.
Tidak
semua sekolah memiliki guru seni tari, sehingga di beberapa sekolah masih
terdapat guru mata pelajaran lain atau cabang seni lain yang bertugas untuk
mengajar seni tari. Kondisi ini memiliki efek tidak optimalnya pembelajaran
tari dari aspek materi maupun metode pembelajaran tari;
2. Keberagaman minat serta bakat peserta didik, sehingga masih banyak peserta didik yang malu atau sulit mengekspresikan diri dalam belajar seni tari;
Untuk menjawab tantangan tersebut penulis merancang buku panduan untuk para guru seni tari di Indonesia. Karakteristik isi buku panduan guru ini, menyampaikan materi dan kegiatan pembelajaran yang dirancang agar peserta didik lebih aktif, dapat mengekspresikan diri melalui seni tari. Harapannya dengan mempelajari seni tari, peserta didik tidak hanya mampu mengekpresikan diri dan berkreasi dengan seni. Namun, juga dapat mengenal, memahami dan mengapresiasi budaya lokal sebagai jati diri bangsa.
Unit
Pembelajaran 1 Berkenalan Dengan Makna Tari
Unit
Pembelajaran 2 Menafsirkan Makna Tari
Unit
Pembelajaran 3 Berkreasi Tari dari Karya Seni Bentuk Lain
Unit
Pembelajaran 4 Pementasan Tari
0 Response to "Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Seni Tari"
Post a Comment