Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Selamat! Saat ini, kalian sudah duduk di Kelas X. Buku ini akan menemani kalian belajar Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Tujuan dari Buku Siswa ini adalah untuk panduan kalian dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas X. Melalui buku ini, kalian diharapkan dapat memahami secara utuh dan menyeluruh pelajaran agama Buddha melalui berbagai aktivitas pembelajaran.

Buku Siswa ini terdiri atas 31 pembelajaran yang terdapat di dalam 8 bab yaitu: Bab I Indahnya Keberagaman Agama Buddhaku; Bab II Tokoh Buddhisku adalah Inspirasiku; Bab III Indahnya Pengalaman dan Kesadaranku; Bab IV Harmoni dan Kedamaianku Dalam Bermeditasi; Bab V Agama Buddha dan Teknologi; Bab VI Teknologi Kebanggaanku; Bab VII Berdamai Dengan Perubahan; dan Bab VIII Aku Cinta Karya Bangsaku. Buku Siswa ini sangat unik dan memiliki berbagai keunggulan. Pembelajaran dikemas dengan berbasis aktivitas menarik dan menyenangkan. Setiap pembelajaran disajikan teori, konsep, dan materi yang memuat aktivitas peserta didik yang merupakan satu kesatuan dari materi pembelajaran. Aktivitas yang disajikan meliputi: (1) Duduk Hening, (2) Membaca, (3) Menyimak, (4) Bercerita, (5) Bernyanyi, (6) Berdiskusi, (7) Berpikir Kritis, (8) Pesan Pokok , (9) Pesan Kitab Suci, (10) Penanaman Karakter, dan (11) Berlatih.



Proses pembelajaran melalui tahap mengetahui dan mengingat (pariyatti), melaksanakan (patipatti), dan mencapai hasil (pativedha). “Belajar akan meningkatkan pengetahuan, pengetahuan akan meningkatkan kebijaksanaan, kebijaksanaan akan mengetahui tujuan, mengetahui tujuan akan membawa kebahagiaan.” (Theragatha: 141). “Seseorang banyak membaca kitab suci, tetapi tidak berbuat sesuai dengan ajaran, orang yang demikian itu sama seperti gembala yang menghitung sapi milik orang lain, ia tidak akan memperolah manfaat kehidupan suci.” (Dhammāpada: 19).

Bab 1 Indahnya Keberagaman Agama Buddhaku

A. Keberagaman Agama Buddha dan Indonesiaku

B. Perjalanan Keberagaman Agama Buddhaku

C. Mencintai Keberagaman Agama Buddha Indonesiaku

D. Kepedulianku akan Perbedaan Agama Buddha

Bab 2 Tokoh Buddhisku adalah Inspirasiku

A. Menghargai Keberagaman dan Perbedaan Agama Buddhaku

B. Hidupku Harmoni Bersama Keberagaman Agama Buddhaku dan Budaya

C. Indahnya Menghargai Hidup dalam Ragam Agama Buddhaku dan Budaya

D. Inspirasi dalam Menghargai Ragam Agama dan Budaya Buddhisku

E. Keberagaman Agama Buddhaku dan Persatuan Indonesia

Bab 3 Indahnya Pengalaman dan Kesadaranku

A. Aku dan Permasalahan Hidup

B. Ketenangan dan Keseimbangan Hidupku

C. Kesadaran dan Perubahan Hidupku

D. Indahnya Hidup Berkesadaran

Bab 4 Harmoni dan Kedamaianku dalam Bermeditasi

A. Perbedaan dan Harmoniku dalam Berkesadaran

B. Diriku dan Pilihanku dalam Bermeditasi

C. Latihan dan Tujuan Hidupku

D. Perjalananku Menuju Kedamaian

E. Indahnya Kedamaian Batinku

Bab 5 Agama Buddha dan Teknologi

A. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

B. Teknologi dalam Pandangan Buddhis

C. Bijaksana dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi

D. Keserasian Agama Buddha dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Bab 6 Teknologi Kebanggaanku

A. Revolusi Industri 4.0

B. Dampak dan Solusi Iptek dalam Revolusi Industri 4.0

C. Agama Buddha sebagai Pedoman Pemanfaatan Iptek

Bab 7 Berdamai dengan Perubahan

A. Kekuatan, Tantangan, Peluang, dan Ancaman Perkembangan Agama Buddha di Era Digital

B. Strategi Peningkatan Perkembangan Agama Buddha di Era Digital

C. Manfaat Iptek untuk Perkembangan Agama Buddha

D. Memanfaatkan Iptek Sesuai Nilai-Nilai Agama Buddha

Bab 8 Aku Cinta Karya Bangsaku

A. Memanfaatkan Iptek untuk Perkembangan Agama Buddha di Indonesia

B. Membuat Produk dengan Memanfaatkan Iptek untuk Kelestarian Agama Buddha

C. Peran dan Posisi Umat Buddha dalam Pemanfaatan Iptek

D. Pemanfaatan Iptek untuk Kepentingan Agama, Bangsa, dan Negara

0 Response to "Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti"

Post a Comment